Rabu, 02 Februari 2011

Ingin Memiliki Rambut Indah....???


Ingin rambut yang terlihat indah? Apakah rambut Anda panjang terurai atau pendek dan lurus; menjaga rambut Anda agar tetap sehat dan berkilau tidaklah sulit seperti yang Anda bayangkan. Walaupun perawatan rambut tergantung pada jenis rambut, di bawah ini ada beberapa tips umum yang mudah diikuti untuk memiliki rambut yang sehat dan berkilau.
* Potonglah rambut secara teratur untuk menghindari ujung rambut yang bercabang (rambut pendek harus dipotong setiap 6 minggu sekali, rambut panjang setiap 8 hingga 12 minggu).
* Gunakan sisir sikat. Jangan menggunakan sisir yang tidak sempurna (gigi sisir tidak lengkap).
* Jangan terlalu berlebihan menggunakan pelembut, obat pelurus dan pewarna rambut. Jika digunakan berlebihan maka akan menyebabkan rambut kering dan bercabang.
* Selalu gunakan kondisioner untuk rambut yang panjangnya lebih dari 4 inci.
* Pilihlah produk-produk perawatan rambut yang cocok dengan jenis rambut Anda.

Perbedaan Jenis-Jenis Rambut dan Perawatan Yang Baik

Rambut Berminyak

Jika rambut Anda agak berminyak adalah suatu keadaan yang normal, bahkan sebenarnya Anda memerlukannya untuk menjaga agar rambut Anda tetap dalam kondisi yang baik. Tetapi jika terlalu berminyak akan menyebabkan rambut Anda kotor dan lepek. Jika rambut dan kulit kepala Anda berminyak, pastikan Anda tidak menggunakan shampo atau kondisioner yang terlalu memberatkan bagi rambut Anda. Jika hanya kulit kepala yang berminyak, gunakanlah shampo untuk rambut berminyak dan kondisioner untuk rambut kering sebagai imbangannya. Tips lainnya untuk mengontrol rambut yang berminyak:

* Cucilah rambut setiap 2 hari sekali. Anda mungkin tergiur untuk keramas setiap hari, tetapi kelenjar minyak pada kulit kepala terangsang akibat pijatan sehingga semakin sering keramas maka kulit kepala semakin berminyak.
* Gunakanlah jari-jari untuk memijat saat keramas.

Rambut Kering

Terlalu sering mewarnai rambut atau mengeriting rambut dapat memperlemah struktur rambut Anda dan dapat menyebabkan kerusakkan. Rambut menjadi kering dapat juga dikarenakan akibat sering terpapar oleh panas dari alat pengering rambut, alat pengeriting rambut dan alat-alat penata rambut lainnya. Sering terpapar dengan sinar matahari atau berenang di kolam renang yang berklorin menyebabkan pendeknya usia rambut Anda. Untuk mengembalikan rambut Anda menjadi sehat kembali, cobalah tips berikut ini:

* Gunakanlah shampo yang mengandung pelembab dan kondisioner yang dikhususkan bagi rambut yang kering dan rusak.
* Kurangilah penggunaan pengering rambut, alat pengeriting dan lain-lain.
* Pada saat ke pantai atau berenang, pakailah produk yang dapat melindungi rambut Anda.
* Rawat rambut Anda dengan kondisioner seminggu sekali.

Rambut Yang Jarang

Rambut yang halus bukan berarti kelihatan tidak hidup. Ikutilah tips sederhana berikut ini untuk menciptakan kesan rambut yang tebal:

* Pertahankan rambut Anda agar tetap pendek sehingga menjadikan rambut kelihatan penuh dan tebal.
* Jangan biarkan rambut tumbuh terlalu panjang. Semakin panjang maka rambut terlihat seperti benang.
* Pakailah kondisioner pada batang dan ujung rambut, tetapi tidak pada akarnya. Hal ini menghindari rambut menjadi berat ke bawah.

Rambut Tebal

Banyak orang dengan rambut yang tebal mengeluh kulit kepalanya berketombe dan gatal-gatal. Hal ini disebabkan karena saat keramas, kurang membilas rambut dengan baik: busa shampo tertinggal sebagai residu yang menutup kulit kepala, menyebabkan kekeringan dan iritasi. Pastikan Anda membilas rambut lebih lama setelah keramas untuk menghindari masalah ini.

Tips lainnya untuk membuat rambut lebat kelihatan sehat:

* Biarkan rambut Anda pendek atau panjang.
* Potong rambut Anda dalam lapisan-lapisan untuk mengurangi kesan tebal.
* Jika mewarnai rambut, pilihlah warna yang semipermanen yang tidak memiliki efek penebalan yang sama seperti warna-warna permanen.

Rambut Keriting

Satu masalah terbesar dari rambut keriting adalah tidak bercahaya. Tidak seperti rambut lurus yang cenderung memperlihatkan kilau alami. Rambut keriting memiliki permukaan yang tidak rata yang tidak memantulkan cahaya dengan baik. Ini berarti semakin keriting dan bergelombang semakin terlihat kusam. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah tips di bawah ini:

* Keramaslah rambut dengan shampo yang berpelembab dan kondisioner untuk membantu melindungi dan memuluskan permukaan rambut Anda (ini membiarkan rambut Anda memantulkan cahaya).
* Gunakanlah sisir yang lebar pada saat keramas untuk membantu penyebaran kondisioner secara merata.
* Bilaslah rambut dengan air dingin pada seluruh permukaan rambut, yang mana menolong rambut memantulkan cahaya dengan baik.
* Pertimbangkanlah perawatan khusus di salon seperti gloss finish untuk mendapatkan ekstra kemilau.

Rambut Lurus

Sayangnya rambut lurus rata dengan permukaan kulit kepala dimana dapat mengumpulkan kotoran minyak yang mengakibatkan penampilan rambut seperti benang dan kusam.Untuk menghindarinya gunakanlah shampo setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar